Menata Ruang Tamu: Tips untuk Menciptakan Suasana Santai

2 min read

Mencari inspirasi untuk desain ruang tamu? Nah, artikel ini membahas cara menata ruang tamu untuk menciptakan suasana santai.

Bisa jadi Anda perlu menata ruang tamu karena baru saja pindah, atau ingin menciptakan suasana baru. Apapun alasan Anda, panduan singkat ini membantu Anda mendapatkan inspirasi baru dalam mendesain dan menata ruang tamu.

Anda perlu mempertimbangkan furnitur yang ingin Anda gunakan di ruangan tersebut. Lalu, padukan warna cat, tata letak, dan jenis lantai yang Anda gunakan supaya penataan ruang tamu bisa tercipta suasana santai

Di mana sebaiknya Anda meletakkan furnitur ruang tamu?

Langkah pertama dalam mendesain ruang tamu adalah menentukan tata letak. 

Mungkin, ruang tamu Anda kecil dan tidak cukup fleksibel dalam menentukan posisi furnitur. Tapi dalam menata ruang tamu, berapapun ukurannya, Anda harus menata berdasarkan satu hal, yaitu TV. 

Jika Anda memiliki ruang lebih terutama di ruang keluarga, atur furnitur untuk menciptakan area yang cukup luas untuk lalu lalang. Posisikan sofa agar tidak menganggu area berjalan.

Kalau memungkinkan, buat ruang baca dengan meletakkan kursi di samping jendela atau lampu meja. Posisikan ruang kerja khusus ke sudut dengan meja belajar, atau meja kantor.

Pertimbangkan juga, apa yang benar-benar Anda butuhkan ketika mendesain ruang tamu Anda, dan kurangi barang-barang yang jarang Anda pakai. 

Paling tidak, Anda akan membutuhkan tempat duduk, meja sampai atau meja kopi yang sesuai, TV dan rak penyimpanan.

Pertimbangkan apa yang ingin Anda simpan dan tentukan seberapa besar rak yang Anda miliki. Jika rak mulai tidak cukup dan barang-barang Anda mulai tampak memenuhi ruangan, coba pikirkan, barang apa yang bisa dipindahkan ke tempat lain?

Jika Anda benar-benar tidak tahu harus mulai dari mana untuk menata ruang tamu Anda, mulai dengan mengukur ruangan. sehingga dengan ukuran yang pas , penataan pun terlihat lebih rapi dan unik

Dari situ, Anda bisa membuat sketsa denah lantai dan menggambar beberapa desain berbeda agar furnitur Anda bisa masuk ke dalam ruangan. 

Pertimbangkan kebutuhan pribadi dengan gaya ruang tamu Anda

menata ruang tamu
pict by pixabay

Setelah Anda membuat desain furnitur ruang tamu, sekarang saatnya Anda memilih gaya ruang tamu Anda. Tahap ini akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda.

Umumnya, gaya desain ruang tamu Anda sebagian besar akan ditentukan oleh usia rumah Anda. Fitur arsitektural rumah dan gaya rumah biasanya melekat dan berkaitan satu sama lain. Oleh sebab itu, Anda harus menata ruang tamu yang sesuai dengan gaya hidup Anda,sehingga kebutuhan pribadi anda terpenuhi dengan mempertimbangkan gaya ruang tamu sesuai keinginan .

Misalnya, jika rumah Anda penuh dengan anak-anak, Anda tidak mungkin memilih ruang tamu yang penuh dengan hiasan antik. Akan lebih praktis jika Anda memilih gaya ruang tamu modern.

Pilih skema warna untuk ruang tamu Anda

Setelah Anda memastikan gaya estetika dan letak furnitur Anda, tentukan warna utama untuk ruang tamu Anda. Ketika mengambil keputusan ini, pikirkan tentang ukuran dan ketinggian plafon ruang tamu Anda.

Jika Anda mencari cara agar ruang tamu yang kecil terlihat lebih besar dan cerah, Anda harus memilih warna yang lebih teran. 

Kalau Anda hanya menggunakan ruang tamu Anda di malam hari, mungkin Anda lebih suka merasa nyaman dan intim dengan warna yang lebih gelap.

Jika Anda memiliki ruang tamu yang lebih besar, Anda bisa lebih bebas dalam memilih warna. 

Silakan bereksperimen dengan dekorasi dan warna yang lebih gelap, tambahkan dinding fitur yang mencolok atau kreasikan dinding dengan warna cat yang berani.

Siap Menata Ruang Tamu?

Kunci dalam menata ruang tamu adalah menentukan fungsi dan tujuan ruang tamu tersebut. Selanjutnya, pikirkan anggota keluarga yang mungkin menghabiskan waktu di ruangan tersebut.

Jika Anda memiliki anak-anak usia TK, tentu akan lebih baik untuk mengurangi barang-barang pajangan untuk menghindari resiko rusak atau anak Anda terluka.

Kalau anggota keluarga Anda semuanya sudah dewasa, Anda mulai bisa mengoleksi kandelir atau vas kristal yang Anda inginkan.