Langkah-Langkah Cara Membuat Situs Website Layaknya Pro Dengan WordPress – Nindybareth.com

3 min read

Cara Membuat Situs Website Layaknya Pro
Cara Membuat Situs Website Layaknya Pro

Nindybareth.com – Jadi, kalian ingin menciptakan kesan yang luar biasa dengan blog atau situs web yang memukau. Mungkin kalian terinspirasi untuk menulis buku harian online, membuat resume digital untuk calon pemberi kerja, membangun merek pribadi, atau menghasilkan uang dengan beriklan. Tuangkan semua itu ke dalam sebuah situs website.

Apa pun tujuannya, membangun situs web atau blog yang profesional dan interaktif tidak pernah semudah ini. Dengan kemajuan baru di WordPress dalam beberapa tahun terakhir, kalian sekarang dapat membangun situs web yang apik dengan cepat dan murah, terlepas dari tingkat keahlian yang kalian miliki.

Baca Juga : Cara Membuat Website Menggunakan WordPress Cocok Untuk Pemula

Dalam panduan ini, kami akan memandu kalian melalui seluruh proses pembuatan situs web yang indah dan fungsional dari awal hingga akhir. Kamu ikuti langkah-langkah yang akan diuraikan di bawah ini. Nantinya Kamu akan memiliki platform online yang dapat kalian banggakan.

Panduan Cara Membuat Situs Website Layaknya Profesional

1. Beli Nama Domain

Nama domain adalah alamat yang akan digunakan orang untuk mengakses situs web kalian secara online. Misalnya, google.com adalah nama domain, dan begitu juga oceanwp.org.

Tanpa nama domain, tidak ada cara bagi orang untuk mengunjungi situs web. Jadi itu adalah bagian wajib dari proses pembuatan situs web atau blog.

Jika kalian kekurangan ide, alat seperti Namemesh, Shopify & Namestation dapat membantu kalian bertukar pikiran tentang kemungkinan nama domain.

Nama domain bukanlah sesuatu yang akan kalian ubah lagi dan lagi. Jadi, bijaksanalah untuk memikirkan keputusannya. Moz memiliki panduan hebat dalam memilih nama domain yang bagus.

2. Dapatkan Hosting Berkualitas Tinggi

Apa salah satu langkah awal ketika ingin membuka toko atau kantor secara offline? Kalian harus mendapatkan ruang komersial yang bisa di sewa. Sama halnya dengan situs website atau blog online, kalian juga perlu menyewa ruang penyimpanan di server yang online 24 jam sehari. Selanjutnya hl ini dikenal sebagai web hosting.

Hosting akan menyimpan semua konten, teks, dan gambar situs web kalian di satu tempat yang aman, dan akan menyajikannya kepada siapa saja yang mencoba mengakses nama domain kalian. Bergantung pada fitur yang kalian dapatkan, hosting WordPress berkualitas tinggi dari perusahaan terkenal bisa sekitar 100 ribu per bulan.

3. Tambahkan Server Nama Khusus

Langkah ini sebenarnya sangat mudah. Sejauh ini kalian telah membeli domain dan hosting, tetapi kalian belum menghubungkan keduanya. Itulah yang akan kita lakukan dalam langkah ini.

Setelah Kamu check out, host akan mengirimkan email detail login ke akun hosting. Kamu juga akan memperoleh  nama server yang diperlukan untuk menghubungkan domain dengan akun hosting.

4. Instal WordPress ke Situs Website

WordPress adalah sistem pembuatan dan manajemen situs web paling populer. Saat ini WordPress digunakan oleh sekitar 30% dari semua situs web di dunia.

Meningkatnya popularitas WordPress memang layak. Tidak hanya gratis, tetapi juga sangat mudah untuk membangun dan memelihara situs web. WordPress dapat diperluas dengan fitur apa pun yang kalian butuhkan dengan memasang perangkat tambahan yang disebut sebagai “plugin”.

Plus, ada komunitas luas pengguna WordPress di seluruh dunia. Jadi, setiap kali kalian mengalami masalah apa pun, kemungkinan seseorang telah menghadapi dan memecahkan masalah itu. Jadi solusinya hanya dengan pencarian Google.

Menginstal WordPress di hosting sangatlah mudah. Di SiteGround, misalnya, masuk ke dasbor hosting atau area pengguna dan klik tab Akun Saya. Kemudian klik Go To cPanel.

Langkah ini tentu berbeda dengan penginstallan software biasanya, yang memerlukan kalian pergi ke situs tertentu untuk mendownload installer nya, layaknya WinRAR. Tapi, ada cara yang lebih mudah untuk download WinRAR di PC, sehingga penggguna pun bisa jadi lebih nyaman.

Kembali ke topic pembahasan, kita lanjutkan ke langkah berikutnya.

5. Masuk ke Dasbor WordPress

Meskipun situs web sekarang aktif dan berjalan, mungkin tidak terlihat mendekati seperti yang kalian inginkan. Ini karena kalian masih menggunakan tema default yang sudah dibundel dan diinstal dengan WordPress. Kamu belum menyesuaikannya dengan kebutuhan. Jadi itulah yang akan kita lakukan.

Untuk memulai, kalian harus masuk ke dasbor admin WordPress. Jika kalian telah mengikuti petunjuk yang tepat sejauh ini, kalian dapat mengakses dasbor dengan mengetik ini di bagian alamat browser web.

http://domainkalian.com/wp-admin

Masuklah dengan menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang Kamu dapatkan ketika menginstal WordPress.

6. Instal Tema WordPress Sesuai Niche Website

Tema adalah apa yang mendefinisikan keseluruhan tampilan dan nuansa situs WordPress kalian. Dan kabar baiknya adalah karena WordPress sangat populer, ada ribuan tema yang tersedia untuknya, baik gratis maupun berbayar.

Tetapi kabar buruknya adalah sebagian besar tema (bahkan beberapa yang terlaris) memiliki kode yang buruk, berisi fitur yang tidak perlu, dan rumit untuk disesuaikan. Jadi jika kalian tidak hati-hati, kemungkinan besar kalian akan memilih tema yang buruk, yang hanya berdasarkan pada seberapa bagus dan mewah tampilannya.

Itu sebabnya untuk tutorial ini, kita akan langsung menuju yang terbaik – tema OceanWP. Kamu akan menggunakan tema dengan standar pengkodean WordPress.

7. Instal Plugin Penting Untuk Situs Website Sesuai Kebutuhan

Sama seperti ada ribuan tema yang tersedia untuk WordPress, begitu juga plugin. Sementara tema menentukan tampilan dan nuansa situs web kalian, plugin menambahkan fitur dan fungsi baru.

Baca Juga : Tidak Banyak, Hanya 5 Plugin Terbaik Yang Wajib Anda Install Di WordPress

Dengan plugin, misalnya, kalian dapat menambahkan formulir kontak di situs web kalian, memblokir komentar spam, atau menerapkan keranjang belanja. Daftarnya tidak ada habisnya.

Setelah kalian selesai dengan perubahannya, klik “Save”. Kalian sekarang dapat tampilan web kalian yang jauh lebih baik. Dan kini, situs website kalian sudah siap untuk diisi konten-konten yang menarik.