Kapan Windows 11 akan Dirilis? dan Apakah Gratis?

1 min read

tanggal rislis windows 11

Menurut rencana, hari ini 24 Juni 2021 Microsoft akan secara resmi mengumumkan generasi terbaru OS andalan Microsoft – Windows 11.

Pada hari ini Microsoft akan mengungkapkan semuanya apa saja yang ada dibalik operating system Windows 11. 

Yang walaupun OS ini sudah bocor dan ISO nya sendiri sudah tersebar banyak diinternet dan bisa download secara gratis, namun masih banyak pertanyaan-pertanyaan yang perlu untuk dijawab.

Kapan Windows 11 akan Dirilis?

Sementara itu, kebocoran dari OS Windows 11 ini telah memperlihatkan banyak fitur baru yang diperkenalkan Microsoft, dan tentu saja yang paling menonjol adalah tampilan barunya.

Sekarang ada dua pertanyaan kunci yang masih mengganjal bagi penggunanya.

Pertama, kapan Windows 11 itu sendiri akan secara rismi dirilis dan dapat didownload?

Kedua, apakah Windows 11 dapat di upgrade secara gratis bagi pengguna Windows versi lawas?

Menjelang pengumuman resminya hari ini, tentu saja, tidak dapat dijawab dengan pasti sebelum itu keluar secara resmi dari Microsoft sendiri.

Akan tetapi, hal itu bukan berarti tidak mungkin. Kita bisa berasumsi tentang bagaimana hal-hal akan terjadi.

Kita akan berasumsi untuk menjawab pertanyaan kedua terlebih dahulu. Kita pertimbangkan terlebih dahulu apakah Windows 11 akan memiliki label harga?

Hal ini nampaknya hampir tidak mungkin, atau setidaknya demikian. Apple sendiri menawarkan upgrade gratis ke versi terbaru macOS dalam beberapa tahun terakhir.

Microsoft sendiri melakukan hal yang sama pada saat merilis Windows 10, dimana pengguna Windows 7 dapat mengupgrade OS ke versi terbaru Windows 10 secara gratis.

Yah, walaupun hal itu mudah bagi Microsoft untuk melakukannya, yakni membebankan biaya untuk OS terbaru mereka, namun tentu saja hal itu akan membuat pengguna menahan diri untuk melakukan upgrade ke versi Windows 11 apabila dibebankan biaya.

Kebanyakan pengguna Windows akan menunggu dan melihat terlebih dahulu plus minus dari OS terbaru Microsoft ini.

Jadi jika Microsoft membebankan biaya untuk upgrade dari Windows 10 ke Windows 11, maka bisa dipastikan hal itu merupakan suatu langkah yang buruk.

Dari kebocoran build Windows 11 yang tersebar di internet terungkap bahwa Microsoft memang berencana untuk memberikan upgrade Windows 11 secara gratis untuk pengguna Windows versi lawas dengan lisensi asli. 

Terlebih lagi, tampaknya bukan hanya untuk pengguna Windows 10 saja yang berhak mendapatkan upgrade gratis, namun juga untuk pengguna Windows 7 dan 8, dengan syarat lisensi windows 7, 8 dan 10 mereka ASLI.

Jadi, asalkan Anda sudah memiliki lisensi Windows yang asli dan valid, maka pada saat hari Windows 11 dirilis, Anda seharusnya sudah dapat mengupgrade ke Windows 11 secara gratis melalui Update Windows.

Tapi kita kembali ke pertanyaan pertama, 

Kapan tanggal rilisnya?

Sekali lagi, untuk pertanyaan ini adalah sesuatu yang hampir tidak mungkin untuk dijawab dengan pasti.

Apa yang bisa kami katakan adalah bahwa untuk saat ini Microsoft baru akan mengadakan acara pengumuman OS terbaru mereka pada hari ini 24 Juni 2021. 

Dimana hari ini bukanlah tanggal rilis Windows 11, namun tanggal pengumuman secara resmi produk terbaru mereka.

Apa yang dapat kami perkirakan adalah seperti yang telah terjadi pada sebelumnya, yakni pada saat pengumuman OS windows 10.

Perkiraan kami adalah bahwa ISO Windows 11 akan dirilis di bulan Oktober 2021. 

Akan tetapi, jika Anda ingin mendapatkan Windows 11 lebih awal secara resmi, maka Anda bisa mendaftar sebagai Windows Insider, sebab disana Anda akan mendapatkan akses ke versi beta dari Windows 11 beberapa minggu sebelum dirilis.

Kita tunggu saja hari ini apa saja yang dapat kita harapkan dari Windows 11 dan masa depan sistem operasi Microsoft ini.