Cara Menjumlahkan Angka Berdasarkan Kriteria Teks Tertentu di Excel – Nindybareth.com

2 min read

Cara Menjumlahkan Angka 01
Cara Menjumlahkan Angka 01

Nindybareth.com – Untuk membuat data yang melibatkan sejumlah perhitungan di komputer, Excel adalah solusi tepatnya. Banyak rumus atau fungsi untuk memudahkan pengguna ketika membuat data perhitungan di Excel. Dari perhitungan sederhana hingga perhitungan kompleks dapat diselesaikan dengan mudah. Seperti cara menjumlahkan angka, pembagian, perkalian, pembagian, dan sebagainya sudah disediakan rumus otomatis di Excel. Pengguna cukup mengetahui kegunaan dari masing-masing fungsi tersebut.

Baca Juga : Cara Membulatkan Angka Desimal Dengan Rumus Lengkap Contoh di Excel

Ketika membuat data yang harus melibatkan perhitungan di Excel, Kamu tidak perlu lagi menggunakan kalkulator. Semuanya sudah tersedia di Office Excel. Namun tentu saja, sebelumnya Kamu meski belajar terlebih dahulu dari masing-masing kegunaan rumus atau fungsi Excel tersebut.

Contoh kecilnya adalah, Kamu dapat menggunakan fungsi SUM di Excel untuk menjumlahkan suatu angka. Fungsi SUM berfungsi sebagai tambah (+) jika kita melakukan penjumlahan di kalkulator.

Fungsi SUM ini hanya berfungsi untuk melakukan penjumlahan range yang berisi angka-angka saja. Pertanyaan sekarang adalah, bagaimana jika penjumlahan tersebut berisi kriteria teks atau syarat tertentu? Apakah Excel mampu mengerjakan pertanyaan seperti ini? Jawabannya tentu saja bisa! Hal ini tentunya berbeda dengan mesin kalkulator.

Excel dapat melakukan penjumlahan yang berisi kriteria teks atau syarat tertentu. Untuk menyelesaikan penjumlahan ini, Kamu dapat menggunakan fungsi SUMIF.

Berikut Cara Menjumlahkan Angka Yang Berisi Kriteria atau Syarat Tertentu

Jika Kamu ingin menjumlahkan angka di Excel yang didalamnya terdapat sebuah kalimat atau teks tertentu dapat menggunakan fungsi SUMIF. Penjumlahan berada pada sebuah kalimat atau teks yang berbeda antara baris pertama dan baris lainnya. Kondisi seperti ini dapat terselesaikan dengan mudah cukup menggunakan rumus SUMIF.

Fungsi SUMIF digunakan ketika kita ingin menjumlahkan bersyarat di Office Excel. Fungsi SUMIF termasuk kedalam kelompok fungsi Math & Trig (Mathematics and Trigonometri).

Cara kerja fungsi SUMIF hampir sama dengan fungsi SUM. Bedanya adalah fungsi SUMIF berguna untuk menjumlahkan angka yang mengacu kepada kondisi atau syarat tertentu.

Cara Penjumlahan Angka Kriteria Teks Khusus dengan SUMIF

Syntax fungsi SUMIF adalah sebagai berikut :

=SUMIF(range;criteria;[sum_range])

Penjelasan syntax SUMIF adalah :

Range : Adalah range data dimana pada range ini kita akan menerapkan kriteria atau syarat tertentu. Range ini untuk membaca teks atau kalimat yang merupakan tujuan utama dalam melakukan penjumlahan.

Criteria : Adalah kriteria yang sudah diterapkan pada argumen range. Ini untuk menentukan sel mana saja yang akan kita jumlahkan. Untuk mengisi range diawali dan diakhiri dengan tanda petik (“). Kriteria dapat berupa teks, angka, ekspresi logika, dan fungsi.

Sum Range : Disini kamu harus menentukan angka mana yang akan djumlahkan dari range dan criteria tadi. Hasilnya nanti akan menjumlahkan angka berdasarkan range dan kriteria yang sudah ditentukan sebelumnya.

Untuk selengkapnya Kamu bisa melihat contoh sebagai berikut :

Cara Menjumlahkan Angka Berdasarkan Kriteria Teks Tertentu di Excel (2)

Data diatas dapat diselesaikan dengan menggunakan fungsi SUMIF. Tentunya jika kerjakan dengan cara manual akan menghabiskan waktu lama jika data seperti itu jumlahnya banyak.

Baca Juga : Simak! Cara Membuat Rumus Otomatis di Excel Yang Akan Memudahkan Hidupmu

Contoh diatas kita dapat mengetahui jumlah dari kategori penjualan ATK, Komputer, dan nama barang yang tidak masuk kedalam kategori. Bahkan kita juga dapat menjumlahkan barang berdasarkan akhiran huruf tertentu.

Untuk mengisi Jumlah Total, mungkin ini sudah tidak asing lagi. Kamu dapat menggunakan fungsi SUM. Berikut fungsi atau rumus dari masing-masing penjumlahan berdasarkan contoh diatas :

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa untuk mengisi criteria Kamu harus menambahkan tanda petik (). Contoh jika kita ingin mengetahui penjualan kategori Komputer, maka penulisan rumusnya adalah =SUMIF(A4:A11;“Komputer”;C4:C11). Selanjutnya jika Kamu ingin mengetahui penjualan barang yang tidak masuk kategori, cukup menambahkan tanda petik saja (“”).

Jika Kamu ingin mengetahui penjumlah dari nama barang akhiran teks tertentu saja, cukup menulis teks tertentu didalam tanda petik ditambah bintang (*) diawalnya. Contoh diatas, saya ingin mengetahui penjualan barang dari nama barang akhiran GB, maka penulisan rumusnya adalah =SUMIF(B4:B11;“*GB”;C4:C11).

Download Projek Excel SUMIF

Bagaimana sudah jelas? Untuk memudahkan agar Kamu cepat paham dengan pembahasan artikel ini,  silakan Kamu bisa download projek Excelnya pada tombol berikut :

Download Projek Excel

Baca Juga : Rumus Perkalian, Pembagian, Penjumlahan, dan Pengurangan Di Office Excel Lengkap

Ok mungkin artikel Cara Menjumlahkan Angka Berdasarkan Kriteria Teks Tertentu dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan sampai bertemu lagi diartikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …