Cara Mengubah File Excel Menjadi Format Exe Untuk Mengamankan Aplikasi Kamu – Nindybareth.com

2 min read

Cara Mengubah Excel Menjadi Exe 1
Cara Mengubah Excel Menjadi Exe 1

Cara Mengubah Excel Menjadi Exe – Apakah Kamu sempat berpikir apakah bisa mengubah file Excel menjadi format Exe? Karena dengan mengubah Excel menjadi Exe maka tingkat keamanannya menjadi super ekstra. Jawabannya tentu saja bisa! Dengan bantuan aplikasi pihak ketiga, maka aplikasi yang dibuat di Excel bisa diubah formatnya menjadi Exe.

Baca Juga : Cara Membuka Password File Excel Dengan Menghapus Segmen “SheetProtection”

Dengan mengubah ekstensi Excel ke Exe maka Kamu dapat mengamankan kode-kode VBA dan Formula. Aplikasi berbasis Excel yang telah Kamu buat menjadi aman dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

Sebetulnya Excel sendiri sudah menyediakan fitur proteksi. Kamu bisa mengamankan aplikasi Excel dengan Protect Sheet dan Protect VBA Project. Namun tentu saja dengan cara ini masih mudah dibobol. Aplikasi Kamu jadi rawan pencurian formula dan kode VBA yang telah susah-susah dibuat.

Solusi terbaiknya adalah dengan mengubah file Excel menjadi format Exce. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Silakan simak artikel ini sampai selesai …

Berikut Cara Mengubah Excel Menjadi Format Exe

1. Download Aplikasi LockXLS

Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa untuk mengerjakan ini diperlukan aplikasi lagi. Nah, aplikasi yang saya maksud adalah LockXLS. Aplikasi ini khusus dibuat untuk memenuhi kebutuhan convert file Exel ke Exe.

Aplikasi LockXLS tidak gratis, namun Kamu bisa menikmati fitur trial selama 30 hari. Untuk order aplikasi LockXLS versi Permanen Lisensi adalah seharga $279.99 atau sekitar 3 juta 9 ratus rupiah. Sedangkan untuk versi lisensi selama 2 bulan saja dibandrol $54.99 atau sekitar 769 ribu rupiah. Kemudian untuk upgrade aplikasi selama 1 tahun adalah $153.99 atau sekitar 2 juta 100 ribu rupiah.

Kamu bisa mencobanya dulu versi trial selama 30 hari atau 1 bulan. Jika cocok, Kamu bisa upgrade aplikasi ke versi berbayar. Untuk download aplikasi LockXLS, silakan klik tautan berikut!

2. Fitur Menarik Aplikasi LockXLS

Jika sudah selesai Kamu download aplikasi LockXLS, silakan install di komputer. Saya tidak akan memberikan panduan bagaimana cara installnya. Karena install aplikasi LockXLS tergolong mudah. Kamu tinggal ikuti saja semua intruksinya.

Aplikasi LockXLS adalah software ringan yang dapat diandalkan kemampuannya untuk mengubah ekstensi Excel menjadi format Exe. Selain itu juga aplikasi LockXLS dilengkapi dengan sejumlah fitur-fitur menarik, seperti :

  1. Kompatible dengan sistem operasi Windows 10;
  2. Kompatible dengan Office Excel 2016 dan 2019;
  3. Aplikasi dapat menyembunyikan formula serta kode-kode VBA yang telah Kamu rancang di aplikasi Excel;
  4. Mampu mengubah File Excel menjadi format Exe;
  5. Dilengkapi fitur Copy Protections untuk dipasang di aplikasi Excel yang Kamu buat seperti : Serial Number, Password, Waktu Trial, Activation Code, Splash Screen, EULA, Registration Reminder, dan lain-lain;
  6. Aplikasi LockXLS dapat digunakan dengan mudah dengan tampilan yang sederhana tapi kaya fitur;
  7. Semua fitur Excel didukung meski file Excel sudah diubah ke format Exe;
  8. Bisa membuat pake MSI Installer sehingga aplikasi Kamu dapat dipublikasikan dengan tampilan menarik.

3. Ubah File Excel ke Format Exe

Sebagai contoh, disini saya akan coba praktikkan mengubah Excel ke format Exe. Setelah aplikasi LockXLS dibuka, selanjutnya klik Add File.

Cara Mengubah Excel Menjadi Exe 2

Sebagai contoh, saya akan menanamkan password serta menambah icon pada file Exe-nya. Klik ganda pada file Excel yang sudah ditambahkan kedalam aplikasi LockXLS.

Cara Mengubah Excel Menjadi Exe 3

Sebelum menentukan password, saya akan menentukan icon terlebih dahulu. Untuk mengubah icon, Kamu harus menggunakan gambar format .ico. Kamu bisa mencari di internet gambar format .ico atau membuatnya sendiri. Cara membuat gambar format .ico, bisa lihat artikel ini!

Cara Mengubah Excel Menjadi Exe 4

Selanjutnya untuk menentukan password ketika user membuka file .exe, silakan centang Use individual Protection Settings for this file kemudian klik tombol Protection Settings.

Cara Mengubah Excel Menjadi Exe 5

Disini Kamu bukan hanya dapat menentukan password saja. Silakan Kamu coba sendiri fitur-fitur tersebut!

Cara Mengubah Excel Menjadi Exe 6

Contoh jika ingin menentukan password, setelah memilih Password pada Select Protection Method, isi kolom passwordnya. Menulis password, Kamu bisa ketik di kolom Password to open the workbook. Contoh passwordnya adalah 123456.

Cara Mengubah Excel Menjadi Exe 7

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur-fitur lain dari aplikasi LockXLS ini. Silakan Kamu coba sendiri dan saya rasa tidak perlu saya jelaskan disini.

Cara Mengubah Excel Menjadi Exe 8

Di aplikasi LockXLS juga bisa menentukan Informasi Perusahaan. Silakan klik tombol Company information.

Cara Mengubah Excel Menjadi Exe 9

Silakan isi semua form Company information dengan data yang akurat mulai dari Company name, E-mail, dan Home Page.

Cara Mengubah Excel Menjadi Exe 10

Jika semua pengaturan sudah Kamu tentukan, selanjutnya klik Build. Setelh klik Build maka sekarang format Exe telah dibuat.

File exe akan terbuat di folder Locked. Berikut contohnya!

Ketika Kamu akan membuka file Exe tersebut maka akan diminta untuk memasukkan password terlebih dahulu.

Hebatnya aplikasi LockXLS adalah, jika file Excel sudah diubah ke format Exe maka file Exe tersebut tidak akan bisa di Save As, Formula dan kode VBA akan disembunyikan.

Baca Juga : 150+ Download Gratis Kumpulan Rumus Excel Siap Pakai Lengkap Dengan Contoh

Bagaimana hebat bukan? Silakan Kamu coba sendiri aplikasinya! Dan mungkin artikel Cara Mengubah File Excel ke Format Exe dicukupkan sekian saja. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …