Cara Menghitung Diskon (Potongan Harga) Untuk Mengetahui Harga Jual di Excel – Nindybareth.com

2 min read

Cara Menghitung Diskon di Excel 1
Cara Menghitung Diskon di Excel 1

Cara Menghitung Diskon di Excel – Bagi Kamu yang suka belanja mendengar kata diskon mungkin sudah tidak asing lagi. Diskon atau potongan harga memang banyak dicari oleh pembeli. Jika kita memperoleh barang dengan harga diskon tentunya akan menghemat anggaran dengan barang dan kualitas serupa. Saya yakin semua orang pasti suka dengan potongan harga ini.

Baca Juga : Simak! Cara Membuat Rumus Otomatis di Excel Yang Akan Memudahkan Hidupmu

Biasanya dalam hari-hari tertentu seperti menjelang tahun baru atau hari raya maka akan sering menemukan diskon-diskon berbagai barang. Diskon yang dijual di marketplace atau supermarket seperti diskon pakaian, barang elektronik, produk kecantikan, dan sebagainya.

Maraknya diskon menjelang hari raya atau hari-hari tertentu biasanya tak tanggung-tanggung. Biasanya suka ada barang yang dijual dengan diskon hingga 90%. Hal ini tentunya adalah strategi pemasaran agar banyak pembeli untuk berkunjung ke dan membeli barang di tokonya.

Selanjutnya mungkin sebagian dari Kamu belum tahu bagaimana cara menghitung diskon atau potongan harga tersebut. Kamu menemukan barang yang dibeli dengan label diskon 25% misalnya. Tapi Kamu tidak tahu bagaimana cara menghitungnya agar Kamu tahu berapa jumlah yang harus dibayar.

Untuk menghitung diskon, Kamu bisa menggunakan kalkulator. Baik itu mesin kalkulator langsung atau kalkulator yang sudah terpasang di smartphone. Kemudian diskon juga juga bisa dihitung menggunakan komputer atau program Office Excel. Nah disini saya akan memberikan contoh bagaimana cara menghitung diskon menggunakan Office Excel.

Cara Menghitung Diskon di Excel Untuk Mengetahui Harga Jual

Untuk masalah perhitungan di komputer, tentunya Office Excel solusinya. Tidak sulit menghitung diskon di Excel. Kamu cukup menggunakan beberapa rumus sederhana saja.

1. Cara Mengetahui Harga Barang Setelah di Diskon Dengan Excel

Ok, kita langsung praktik saja. Sebagai contoh :

“Kamu membeli printer dengan harga asli Rp 3.500.000. Kemudian Kamu memperoleh promo hari raya sehingga Kamu mendapat diskon sebesar 45%. Pertanyaannya adalah, berapa harga printer sekarang setelah mendapat potongan harga?”

Untuk menghitungnya adalah sebagai berikut :

Cara Menghitung Diskon di Excel 2

Keterangan tabel diatas :

Harga Asli = Harga awal atau harga barang sebelum mendapat potongan harga.

Diskon = Nilai diskon yang sudah ditentukan untuk setiap barang.

Harga Diskon = Harga akhir barang setelah mendapat diskon. Disini kita tentukan langsung saja yaitu harga akhir barang yang sudah mendapat potongan harga. Jadi bukan untuk mengetahui jumlah harga diskonnya.

Untuk rumusnya adalah : harga asli – harga asli x diskon atau harga asli – (harga asli x diskon). Jika diketik dalam rumus Excel berdasarkan row dan column diatas adalah : B2-B2*C2 atau =B2-(B2*C2).

Dengan begitu jika Kamu membeli printer seharga Rp 3.500.000 kemudian jika mendapat diskon 45%, maka Kamu cukup membayar printer seharga Rp 1.925.000.

2. Cara Mengetahui Harga Asli Barang Sebelum di Diskon Dengan Excel

Ok, tadi kita sudah bisa menghitung bagaimana cara mengetahui harga barang yang sudah ditentukan potongan harga atau diskonnya. Selanjutnya bagaimana untuk mengetahui harga asli barang sebelum ditentukan diskonnya?

Contoh soalnya adalah sebagai berikut :

“Kamu membeli printer dengan harga Rp 1.925.000. Sedangkan harga tersebut sudah diberi diskon sebesar 45%. Lalu berapa harga asli printer sebelum mendapat potongan harga?”

Untuk menghitungnya adalah sebagai berikut :

Keterangan tabel diatas :

Harga Diskon = Harga akhir barang setelah mendapat potongan harga.

Diskon = Nilai diskon yang sudah ditentukan untuk setiap barang.

Harga Asli = Harga awal atau harga barang sebelum mendapat potongan harga.

Untuk rumusnya adalah : harga diskon + (harga diskon x diskon)/(100% – diskon). Jika diketik dalam rumus Excel berdasarkan row dan column diatas adalah : =B2+(B2*C2)/(100%-C2).

Setelah menggunakan rumus, maka Kamu akan tahu bahwa printer yang dibeli seharga Rp 1.925.000 tersebut harga aslinya adalah Rp 3.500.000. Hal ini mengalami penurunan harga karena setelah memperoleh diskon 45%.

Baca Juga : Cara Membuat Ranking Menggunakan Rumus Office Excel 2007, 2010, 2013

Bagaimana mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …

Download Rumus Diskon Excel