Cara Menampilkan Foto, Barcode, dan Logo Kemenag di Kartu Peserta Candy CBT 2.9.9 – Nindybareth.com

2 min read

Cara Menampilkan Foto, Barcode, dan Logo Kemenag 01
Cara Menampilkan Foto, Barcode, dan Logo Kemenag 01

Foto Siswa, Barcode, Logo Kemenag – Kartu peserta memang penting untuk membedakan identitas peserta ujian sekolah/madrasah. Biasanya didalam kartu peserta ujian terdapat identitas seperti nama peserta, nomor peserta, dan lain-lain. Dilengkapi juga dengan logo lembaga sekolah/madrasah dan disahkan oleh Kepala Sekolah/Madrasah yang ditandatangani berikut stempel.

Baca Juga : Cara Upload Data dan Foto Siswa Di Candy CBT Agar Foto Tampil Di Kartu Peserta

Bagi pengguna Candy CBT, untuk keperluan cetak katu peserta bisa dilakukan di aplikasi ini. Kamu tidak perlu membuat secara manual kartu peserta. Dengan sekali klik, di Candy CBT kartu peserta ujian dapat diselesaikan. Dengan catatan, sebelumnya Kamu sudah mengupload data master.

Di Candy CBT Versi 2.9.9 mencetak kartu peserta ujian ditemukan sedikit masalah. Diantaranya adalah aplikasi tidak menampilkan foto peserta ujian, barcode, dan logo instansi. Kita harus melakukan sedikit perubahan didalam kodingnya. Kamu tenang saja, disini saya akan memberikan solusinya. Silakan simak artikel ini sampai selesai …

Berikut Cara Menampilkan Foto, Barcode, dan Logo Kemenag Di Kartu Peserta

Untuk logo instansi, disini saya akan memberikan contoh Kementerian Agama (Kemenag). Untuk sekolah yang dibawah naungan Kemendikbud, silakan bisa ikuti juga tutorial ini yang perbedaanya hanya di logo saja.

1. Upload Data Master Berikut Foto Peserta Ujian

Langkah pertama yang harus Kamu lakukan adalah membuat data peserta ujian di aplikasi Candy CBT. Untuk membuat data peserta ini bisa dilakukan secara manual atau langsung di aplikasi, bisa juga dengan upload file Excel ke aplikasi. Untuk membuat data peserta dari file Excel, Kamu harus mengunduh formatnya dulu. Silakan Kamu unduh format data master Excel dari aplikasi Candy CBT.

Cara Menampilkan Foto, Barcode, dan Logo Kemenag 01

Silakan Kamu isi format datanya secara lengkap. Format data terdiri dari No, NIS, Nomor Peserta, Nama, Level, Kelas, Jurusan, Sesi, Ruang, Username, Password, Foto, Server, Agama, dan Nomor HP.

Cara Menampilkan Foto, Barcode, dan Logo Kemenag 03

Khusus untuk kolom Foto, disini Kamu isi dengan nama file foto siswa yang akan diupload ke aplikasi. Sesuaikan nama file foto dengan nama siswa bersangkutan lengkap dengan ekstensi fotonya. Contoh disini saya menggunakan foto siswa ekstensi .jpg.

Cara Menampilkan Foto, Barcode, dan Logo Kemenag 04

Setelah selesai mengisi data format Excel diatas, silakan Kamu upload file Excelnya ke aplikasi Candy CBT. Langkah selanjutnya adalah mengisi folder Foto di aplikasi Candy CBT dengan foto siswa.

2. Upload Logo Kemenag

Dengan melakukan tahapan-tahapan diatas, maka sekarang foto siswa sudah tampil di kartu peserta dan akun CBT siswa. Bagaimana mudah bukan?

Masalah selanjutnya untuk madrasah logo Kemenag tidak tampil di kartu peserta. Dan memang file logo Kemenag ini di Candy CBT versi 2.9.9 tidak ditemukan. Kita bisa menambahkannya secara manual logo Kemenag tersebut.

Jika Kamu belum mempunyai logo Kemanag, diakhir artikel saya akan memberikan link downloadnya. Silakan Kamu tempatkan logo Kemenag di folder Foto Candy CBT. Disini saya menggunakan logo Kemenag ekstensi .svg.

Logo Kemenag masih belum tampil ya? Langkahnya belum selesai. Tugas Kamu sekarang adalah mengganti (replace) file print_kartu.php dengan file yang akan saya berikan. Tempatkan file print_kartu.php di folder Panel > Mod Kartu.

3. Cetak Kartu Peserta Ujian

Coba sekarang Kamu jalankan cetak kartu pesertanya! Seharusnya sekarang foto siswa dan logo kemenag sudah tampil. Jika belum tampil, coba Kamu clear cache dan history browser yang digunakan dengan menekan Ctrl+Shift+Delete di keyboard.

Bahkan sekarang bukan hanya foto peserta dan logo kemenag saja yang tampil, barcode juga akan tampil. Contoh tampilannya seperti gambar berikut :

Barcode tersebut sudah saya modifikasi dengan otomatis ketika discan akan tampil Nomor Peserta, Nama Peserta, Jenis Ujian, Tahun Pelajaran, dan Nama Madrasah.

Untuk download file logo Kemenag dan file PHP Cetak Kartu, silakan Kamu bisa klik tombol dibawah ini :

Download Logo Kemenag dan File PHP

Saya harap dengan mengikuti tutorial ini, sekarang Kamu bisa mencetak Kartu Peserta dengan idenitas yang lengkap. Jika masih gagal, silakan ulangi lagi langkah-langkah diatas secara perlahan.

Baca Juga : Cara Install Candy CBT Offline Versi 2.9.2 Di Laragon Dengan Database MariaDB

Ok mungkin artikel Cara Menampilkan Foto, Barcode, dan Logo Kemenag di kartu peserta ujian dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …